Kamis, 26 Januari 2017

Profil, Biodata dan Biografi Boediono, Wakil Presiden Indonesia Yang Sangat Sederhana

Profil, Biodata dan Biografi Boediono, Wakil Presiden Indonesia Yang Sangat Sederhana - Sepak terjang beliau di dunia politik memang sangat minim sekali. Bahkan ketika beliau dicalonkan menjadi wakil Presiden Indonesia bersama Bapak SBY, banyak pihak yang meragukan kapasitas beliau. Banyak alasan yang digunakan untuk meragukan kapasitas beliau, mulai dari kurangnya pengalaman politik, sampai dengan pendekatan politik yang bergaya liberal pun juga menjadi isu penting. Namun dengan kesabaran dan kesederhanaannya, Bapak Boediono mampu menjawab tantangan dengan kinerja yang bagus dalam membangun ekonomi bangsa Indonesia.

Biografi Boediono
Biografi Boediono
Perjalanan karir Bapak Boediono dalam kepemerintahan adalah bermula ketika beliau menjabat sebagai menteri pada tahun 1998. Pada saat itu Bapak Boediono ditunjuk sebagai Menteri Negara Perncanaan Pembangunan Nasional dalam Kabinet Reformasi Pembangunan pada saat itu Presiden Indonesia dipegang oleh Bapak BJ. Habibie. Selang setahun kemudian, Presiden Habibie digantikan oleh Abdurracham Wahid yang kemudian mengganti Boediono dengan Kwik Kian Gie. Tak berhenti lama dari Menteri, pada tahun 2001 Bapak Boediono terpilih kembali menjadi Menteri di dalam Kabinet Gotong Royong di bawah Presiden Megawati. Pada saat itu beliau ditunjuk menjadi Menteri Keuangan menggantikan Bapak Rizal Ramli.

Pada saat menjadi Menteri Keuangan di era Megawati tersebut, prestasi mencolok berhasil diukir oleh Bapak Boediono. Prestasi membanggakan tersebut adalah berhasil membawa Indonesia lepas dari bantuan Dana Moneter Internasional dan mengahiri kerjasama dengan lembaga keuangan internasional tersebut. Bahkan oleh BusinessWeek beliau dipandang sebagai menteri paling berprestasi dalam kabinet Gotong Royong. Pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, banyak berita beredar menyebutkan bahwa Bapak Boediono tidak berkenan kembali menjabat Menteri meski sebenarnya sudah diminta oleh SBY. Bapak Boediono lebih memilih kembali ke kampus dan mengajar mahasiswa yang merupakan profesi yang telah lama beliau tekuni.

Baca juga :
Namun kemudian pada tahun 2005 Boediono kemudian dipilih kembali menjadi Menteri Koordinator bidang Perekonomian menggantikan Aburizal Bakrie. Kemudian perjalanan karir Boediono pun berlanjut pada tahun 2008 beliau disahkan menjadi Gubernur Bank Indonesia menggantikan Burhanuddin Abdullah. Dengan berbagai prestasi yang mencolok di bidang ekonomi tersebut, kemudian pada tahun 2009 beliau dipilih oleh SBY menjadi calon Wakil Presiden Indonesia bersama beliau. Dan pada Pemilu 2009 pasangan SBY-Boediono berhasil memenangkan kontestasi Pilpres. Sehingga kemudian Bapak Boediono resmi mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai wakil presiden.

Profil dan Biodata Boediono


  • Nama Lengkap : Boediono
  • Alias : No Alias
  • Profesi : Birokrat
  • Agama : Islam
  • Tempat Lahir : Blitar, Jawa Timur
  • Tanggal Lahir : Kamis, 25 Februari 1943
  • Zodiac : Pisces
  • Warga Negara : Indonesia
  • Istri : Herawati Boediono
  • Anak : Ratriana Ekarini, Dios Kurniawan

Riwayat Pendidikan Boediono
  • Bachelor of Economics (Hons.) dari Universitas Western Australia (1967)
  • Master of Economics dari Universitas Monash (1972)
  • (Ph.D.) dalam bidang ekonomi dari Wharton School, Universitas Pennsylvania (1979)

Perjalanan Karir Boediono
  • Executive Board for Asia - Wharton Advisory Boards, The Wharton School of the University of Pennsylvania
  • Commissioner of Commission on Growth and Development
  • Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (Kabinet Reformasi Pembangunan) 1998
  • Menteri Keuangan (Kabinet Gotong Royong) 2001
  • Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (2005)
  • Gubernur Bank Indonesia (2008)
  • Wakil Presiden Indonesia (2009)
  • Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (sampai sekarang)

Penghargaan Boediono

Bintang Mahaputra Adipradana

Distinguished International Alumnus Award dari University of Western

Tulisan Boediono Yang Dipublikasikan

- Ekonomi Indonesia Mau ke Mana?: Kumpulan Esai Ekonomi (2009)

- Stabilization in A Period of Transition: Indonesia 2001-2004 dalam The Australian Government-The Treasury, Macroeconomic Policy and Structural Change in East Asia: Conference Proceedings, Sydney (2005)

- 'Managing The Indonesian Economy: Some Lessons From The Past?', Bulletin of Indonesia Economic Studies, 41(3):309-324, Desember 2005.

- 'Professor Mubyarto, 1938-2005'. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 41(2):159-162, Agustus 2005.

- 'Kebijakan Fiskal: Sekarang dan Selanjutnya?', dalam Subiyantoro dan S. Riphat (Eds.). 2004. Kebijakan Fiskal: Pemikiran, Konsep dan Implementasi. Penerbit Buku Kompas, 43-55 pp.

- The International Monetary Fund Support Program in Indonesia: Comparing Implementation Under Three Presidents dalam Bulletin of Indonesia Economic Studies, 38(3): 385-392, Desember 2002.

- Indonesia menghadapi ekonomi global (2001)

- 'Strategi Industrialisasi: Adakah Titik Temu ?' dalam Prisma, Tahun XV, No.1. (1986)

- Ekonomi Pancasila (bersama Ace Partadiredja, 1981)

Artikel lain :
Nah teman-teman semua, itulah Profil, Biodata dan Biografi Wakil Presiden Boediono yang bisa kami sampaikan untuk Anda semua. Semoga sedikit informasi terkait Profil, Biodata dan Biografi Wakil Presiden Boediono di atas bisa menambah wawasan kita semua terhadap wakil Presiden Boediono yang sangat populer dengan kesederhanaannya. Semoga saja kita semua bisa menjadikan Boediono sebagai tauladan dalam kehidupan kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Profil, Biodata dan Biografi Boediono, Wakil Presiden Indonesia Yang Sangat Sederhana

0 komentar:

Posting Komentar